Kebijakan Privasi (Privacy Policy)

Kebijakan Privasi SIK KBS Mobile adalah penjelasan terkait data dan informasi pribadi Pengguna SIK KBS Mobile, meliputi:

Hukum dan Peraturan yang berlaku; Perolehan dan Perlindungan Data; Penggunaan, Penyimpanan, Pemanfaatan, dan Pengolahan Data; dan Kontak SIK KBS Mobile.

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian tidak terpisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan Aturan Penggunaan SIK KBS Mobile.

SIK KBS Mobile dari waktu ke waktu berhak memperbaharui Kebijakan Privasi ini agar tetap relevan dan terkini dengan teknologi yang berubah, hukum yang berlaku, praktik bisnis SIK KBS Mobile yang terus berkembang dan kebutuhan pengguna SIK KBS Mobile. Jika ada perubahan yang dibuat pada Kebijakan Privasi ini, SIK KBS Mobile akan memberikan keterangan “Tanggal Revisi Terakhir”. SIK KBS Mobile mengimbau kepada Pengguna SIK KBS Mobile untuk secara berkala meninjau Kebijakan Privasi ini agar tetap mendapat informasi tentang bagaimana SIK KBS Mobile mengelola data dan informasi pribadi Anda. Dengan menggunakan Layanan, Pengguna dianggap memberikan persetujuan eksplisit atas Kebijakan Privasi dan dengan terus menggunakan Layanan setelah revisi Kebijakan Privasi, Pengguna dianggap telah menyetujui Kebijakan Privasi yang diperbarui.

HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU

SIK KBS Mobile tunduk terhadap segala peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah Republik Indonesia yang berlaku, termasuk yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik, penyelenggaraan sistem elektronik, dan perlindungan data pribadi Pengguna; termasuk segala peraturan pelaksana dan peraturan perubahan dari peraturan-peraturan tersebut yang mengatur dan melindungi penggunaan data dan informasi penting para Pengguna.

PEROLEHAN DAN PERLINDUNGAN DATA

SIK KBS Mobile berhak meminta data dan informasi Pengguna, antara lain sebagai berikut:

E-mail, Nama, Alamat, NIK, Nomor Telepon

Atas persetujuan data dan informasi pribadi yang Pengguna berikan (input), Pengguna dengan ini menyatakan seluruh data dan informasi tersebut adalah milik SIK KBS Mobile. Untuk menghindari keragu-raguan, data pribadi Pengguna, baik yang dimasukkan ke dalam SIK KBS Mobile maupun yang tidak dimasukkan ke dalam SIK KBS Mobile, adalah milik Pengguna sebagai bagian dari hak pribadi secara utuh. Pengguna dengan ini menyatakan data pribadi yang Pengguna sampaikan (input) ke dalam SIK KBS Mobile adalah asli, autentik, benar, akurat, lengkap, tidak menyesatkan, terbaru, dan merupakan hak pribadi Pengguna dan/atau dirinya berwenang untuk menyampaikan data pribadi Pengguna untuk menyampaikannya ke dalam SIK KBS Mobile. SIK KBS Mobile melindungi segala informasi yang diberikan Pengguna pada saat Pengguna menggunakan seluruh layanan SIK KBS Mobile, termasuk menjaga rahasia, keutuhan, dan ketersediaan data pribadi yang dikelolanya. SIK KBS Mobile berhak dari waktu ke waktu meminta autentifikasi dan pemukhtahiran data pribadi Pengguna, sehingga data dan informasi Pengguna akurat, lengkap, dan terbaru, termasuk memberhentikan Layanan sementara dan/atau memberhentikan Layanan tetap, dalam hal Pengguna belum melakukan authentifikasi dan pemukhtahiran data pribadi Pengguna. Pengguna berhak dari waktu ke waktu melakukan pemukhtahiran data pribadi Pengguna. Pengguna dengan ini memahami bahwa pemanfaatan beberapa fitur tertentu dalam SIK KBS Mobile memerlukan proses authentifikasi data pribadi lebih lanjut dan tunduk pada Aturan Penggunaan SIK KBS Mobile serta syarat dan ketentuan fitur tertentu di SIK KBS Mobile tersebut. Pengguna dengan ini menegaskan persetujuan eksplisit atas perolehan, penyimpanan, penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan data pribadi yang Pengguna sampaikan (input) ke dalam SIK KBS Mobile dan fitur tertentu di SIK KBS Mobile tersebut, serta menyatakan bahwa pemberian penggunaan data pribadi tersebut dilakukan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

PENGGUNAAN, PENYIMPANAN, PEMANFAATAN, DAN PENGOLAHAN DATA

SIK KBS Mobile berhak menggunakan data dan informasi pribadi Pengguna demi meningkatkan mutu dan pelayanan di SIK KBS Mobile. SIK KBS Mobile berhak menggunakan data dan informasi Pengguna, termasuk data dan/atau informasi yang dikembangkan namun tidak terkait dengan data pribadi Pengguna, sehingga Pengguna tidak teridentifikasi secara individu, antara lain untuk diproses, dikembangkan, dan dikerjasamakan dengan pihak ketiga (“Informasi Agregat/Informasi Anonim”). SIK KBS Mobile tidak menggunakan data dan informasi pribadi Pengguna, untuk diproses, dikembangkan, dikerjasamakan, dengan pihak ketiga untuk tujuan komersil. SIK KBS Mobile berhak menggunakan, memanfaatkan, dan mengungkapkan data dan informasi pribadi Pengguna berdasarkan persetujuan Pengguna, yang telah Pengguna berikan pada saat perolehan data pribadi, kecuali terjadi kondisi sebagai berikut, antara lain:

  • diwajibkan dan/atau diminta oleh institusi yang berwenang berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, somasi, perintah resmi dari Pengadilan, dan/atau perintah resmi dari instansi atau aparat yang bersangkutan, termasuk namun tidak terbatas pada perselisihan, penyelidikan, penyidikan, proses hukum dan proses penyelesaian sengketa antara SIK KBS Mobile dengan Pengguna, antar-Pengguna, dan Pengguna dengan pihak lainnya;
  • diwajibkan dan/atau diminta oleh institusi perbankan, keuangan yang berwenang, dan/atau pihak ketiga berdasarkan permintaan resmi dan ketentuan hukum yang berlaku;
  • dalam keadaan darurat yang mengancam kehidupan, kesehatan atau keselamatan seseorang;
  • bila diperlukan untuk tujuan yang jelas untuk kepentingan Pengguna dan persetujuan pemilik data pribadi (Pengguna) tidak dapat diperoleh tepat waktu; atau
  • yang mungkin diperlukan atau diizinkan oleh hukum.

SIK KBS Mobile berhak menggunakan, menyimpan, memanfaatkan, dan mengungkapkan data pribadi berdasarkan persetujuan pemilik data pribadi (Pengguna) yang telah Pengguna berikan pada saat perolehan data pribadi untuk: 1. menyediakan Layanan dan/atau Penawaran Pihak Ketiga, misalnya: • untuk keperluan yang terkait dengan pembayaran, penagihan, aktivasi, penyediaan, pemeliharaan, dukungan, pemecahan masalah, penyelesaian sengketa, penonaktifan, penggantian, peningkatan atau pembaharuan Layanan; • untuk lebih memahami, menganalisis, dan memprediksi preferensi dan minat Pengguna, dan menggabungkan informasi tersebut dengan informasi lain untuk menyesuaikan pengalaman Pengguna; • untuk memastikan Layanan berfungsi secara teknis sebagaimana dimaksud dan untuk membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah; • untuk memfasilitasi akses Pengguna dan penggunaan Layanan dan / atau Penawaran Pihak Ketiga; • untuk mengirim Penawaran berlangganan, pesan dan posting dalam Layanan atas nama administrator Saluran atau Akun Resmi; • untuk menggabungkan informasi tersebut dengan informasi yang diperoleh dari sumber lain (termasuk Penawaran Pihak Ketiga) sehubungan dengan penyediaan Layanan; • untuk memenuhi atau memberlakukan Pemberitahuan yang berlaku untuk Layanan; • untuk mengelola atau menanggapi pertanyaan Pengguna; • mengembangkan Layanan baru dan meningkatkan Layanan yang ada dan memberikan Pengguna informasi tentang konten pihak ketiga atau produk terkait, layanan dan perangkat lunak termasuk untuk berkomunikasi dengan Pengguna tentang berbagai cara yang mereka gunakan. 2. mengelola dan mengembangkan bisnis dan operasional SIK KBS Mobile, misalnya: • untuk mendeteksi, memantau, menyelidiki, mengurangi atau mencegah penipuan dan masalah teknis atau keamanan atau untuk melindungi properti dari SIK KBS Mobile; • untuk memungkinkan kelangsungan bisnis dan operasi pemulihan bencana; • untuk mendapatkan layanan hukum, untuk mencari nasihat hukum dan / atau untuk menegakkan hak hukum SIK KBS Mobile atau hak hukum dari anggota lain dari SIK KBS Mobile; • untuk keperluan statistik; • memenuhi persyaratan hukum dan peraturan dan untuk menanggapi situasi darurat, misalnya:  untuk menanggapi perintah pengadilan, somasi atau permintaan yang sah atau penegakan hukum lainnya atau proses hukum;  untuk memberikan bantuan darurat dalam situasi yang dapat mengancam kehidupan atau keselamatan fisik Anda atau orang lain; atau  Kepentingan internal SIK KBS Mobile untuk pengembangan bisnis, produk, mutu, dan pelayanan termasuk kegiatan promosi, studi, riset, dan kerja sama SIK KBS Mobile dengan pihak ketiga lainnya;  Kepentingan SIK KBS Mobile dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk pengembangan bisnis, produk, mutu, dan pelayanan termasuk kegiatan promosi, studi, riset, dan kerja sama SIK KBS Mobile dengan pihak ketiga lainnya; Tujuan lain yang disampaikan dari waktu ke waktu oleh SIK KBS Mobile kepada Pengguna, serta diizinkan atau diwajibkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku. SIK KBS Mobile berhak menyimpan data dan informasi pribadi Pengguna untuk memenuhi tujuan Layanan, tujuan Kebijakan Privasi ini, tujuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku, termasuk memproses, mentransfer, dan/atau menyimpan data dan informasi para Pengguna, baik di dalam wilayah Republik Indonesia maupun di luar wilayah Republik Indonesia, dengan memperhatikan Regulasi, termasuk peraturan perundang-undangan dan kebijakan Privasi di negara mana data dan informasi para Pengguna diproses, ditransfer, dan/atau disimpan. SIK KBS Mobile dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam menyediakan Layanan berhak memanfaatkan dan mengolah data dan informasi pribadi Pengguna untuk memenuhi tujuan Layanan, tujuan Kebijakan Privasi ini, tujuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku. Pemanfaatan dan pengolahan data tersebut dicakup oleh perjanjian dan memuat unsur kerahasiaan yang mengikat para pihak. Dalam hal ini, termasuk Perwakilan SIK KBS Mobile. SIK KBS Mobile berhak memanfaatkan dan mengolah data dan informasi para Pengguna untuk memenuhi tujuan pengolahan data atas nama SIK KBS Mobile, antara lain dalam hal pengaduan/keluhan yang disampaikan oleh Pengguna dan pendaftaran antrian melalui SIK KBS Mobile. SIK KBS Mobile dalam pemanfaatan dan pengolahan data, termasuk transmisi data, sesuai dengan tujuan Kebijakan Privasi ini akan menerapkan keamanan sewajarnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku, termasuk memberikan enkripsi pada pemanfaatan dan pengolahan data tersebut.

KONTAK SIK KBS Mobile Pengguna dapat melakukan pengaduan / menyampaikan keluhan terkait faskes dan layanan melalui Menu Pengaduan pada SIK KBS Mobile.